Beranda > IBU dan SURGA > IBU dan SURGA

IBU dan SURGA

“Ya Rasulullah! Siapakah yang paling berhak menerima baktiku?” Nabi saw. menjawab, “ibumu.” “Kemudian siapa lagi, ya Rasulullah?” Nabi menjawab, “ibumu.” “Kemudian siapa lagi, ya Rasulullah?” Nabi menjawab, “ibumu.” “Kemudian siapa lagi, ya Rasulullah?” Nabi menjawab, “ayahmu.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Demikian perbincangan antara seorang sahabat dengan Rasulullah SAW disuatu saat. Berdasarkan riwayat diatas, perintah untuk berbakti, berbuat baik kepada ibu diulang hingga tiga kali berturut-turut. Hal ini menunjukkan bahwa ibu memiliki kedudukan yang tinggi dalam pandangan islam.

Sedemikian tingginya kedudukan ibu dalam islam, sampai-sampai salah satu riwayat menyebutkan, “surga itu di bawah telapak kaki ibu.” Meski banyak ulama yang men-dhaif-kan riwayat ini.

Al Qur’an sendiri telah menyebutkan, “Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya, ibu telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepadaKu lah kembalimu.” (QS. Luqman; 14)

Bahkan salah satu hadits menyebutkan, keridhaan Allah terkait dengan keridhaan kedua orang tua dan murka Allah terkait pada murka kedua orang tua.” (HR. Al-Hakim)

Ya Allah, ampunilah segala kesalahan kami dan kesalahan kedua orang tua kami. Dan sayangilah mereka (bapak ibu kami) sebagaimana mereka mencukupi kasih sayangnya kepada kami, sewaktu kami masih kecil dulu. Wallahua’lam bil shawab

*disadur dari berbagai sumber

Kategori:IBU dan SURGA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: